Pages

7 Jun 2013

Belajar dari Trading System Terburuk


Di suatu forum trader, ada seorang member yang memberikan pengumuman yang menurut saya rada aneh   Bunyinya: "Cari EA yang dijamin selalu loss” Weh buat apa juga cari EA yang dijamin loss? Ternyata berharap bisa menggunakan sinyal dari EA tersebut sebagai sinyal terbalik. Ok, memang sekarang kita gak akan membahas bagaimana mencari atau membuat EA yang dijamin selalu loss Tapi, melihat pengumuman di forum tersebut, membuat  berpikir, memang ada baiknya kita mengetahui hal yang terburuk supaya kita bisa mengetahui di mana letak kesalahan atau kelemahannya dan kalo bisa menghindarinya

Nah, sehubungan dengan trading system, saya pernah membaca tentang satu trading system yang dikatakan sebagai trading system yang terburuk yang pernah ada Memang sih trading system tersebut memiliki rekor terburuk untuk digunakan sebagai trading system di stock market. Tapi, gak ada salahnya kita coba liat juga. Siapa tahu kita bisa ambil pelajaran dari trading system terburuk tersebut. Trading system yang dikatakan terburuk tersebut dikenal dengan istilah average down. Inti dari strategi ini adalah, trader melakukan aksi buy di saat trend sedang turun, dan aksi buy ini dilakukan berulang-ulang ketika trend sedang terus turun. Tujuan asalnya adalah mencari harga terendah dan mencoba memperendah harga rata-rata saham yang sudah dibeli tersebut sehingga apabila nantinya harga mulai naik, kita bisa menjual dengan keuntungan yang lebih tinggi.

Contohnya, katakan harga perlembar saham saat itu $50 dan kita membeli sebanyak 1 lot. Harga kemudian turun menjadi $40 per lembar dan kita melakukan pembelian lagi sebanyak 1 lot pula, sehingga harga rata-rata 2 lot saham yang kita miliki adalah $45. Jika harga ternyata masih turun lagi, kita kembali melakukan aksi beli kembali dengan tujuan untuk  memperendah harga rata-rata saham yang sudah kita miliki. Demikian seterusnya. Nah, sudahkah terbayang, bagaimana seandainya harga terus turun? Menurut saya, itu sih sama saja dengan membuang uang. Terbayangkah bila kita melakukan strategi yang sama di market forex? Mungkin anda berpendapat, melawan trend bisa saja kita lakukan apabila margin management kita kuat.

Ok, saya gak bilang melawan trend itu salah. Toh, kata para master, gak ada posisi yang “salah” dalam trading Tapi mari kita berpikir secara rasional. Buat apa “menyia-nyiakan” margin kita untuk mengulang posisi yang masih terfloating (jauh) negatif ? Bukankan akan lebih menguntungkan secara rasional untuk menggunakan margin di posisi yang searah dengan trend saja? Kalaupun misalnya trend memang kemudian berubah arah dan floating negatif tersebut akhirnya ter-closed positif, bukankah kita tetap rugi waktu? Dalam ekonomi, apalagi bila berhubungan dengan investasi, kita harus selalu menghitung biaya kesempatan alias opportunity cost. Jadi, seandainya kita memelihara posisi floating minus tersebut selama seminggu, kita seharusnya berpikir bahwa kita telah menyia-nyiakan margin kita selama seminggu tersebut, karena gara-gara masih terpakai untuk posisi yang floating tersebut kita jadi kehilangan kesempatan menggunakan margin tersebut untuk melakukan open position yang menghasilkan profit.

Ok, jadi, pelajaran apa yang bisa kita ambil dari kegagalan averaging down? Kalo boleh saya simpulkan disini: jangan menentang trend, jangan terlalu percaya diri, jangan over trading, jangan ragu melakukan “amputasi” terhadap posisi dengan kerugian yang makin membengkak, alias jangan ragu melakukan cut loss, trus apalagi ? Mungkin anda bisa menambahkan?

0 comments: