Pages

19 Jun 2013

Scalping Memanfaatkan Momentum Trend

Scalping Menggunakan Momentum Trend [Belajar Trading Online Indonesia]

Salah satu keterampilan yang paling penting untuk pemula adalah mengukur momentum pergerakan pasar secara jangka pendek. Momentum sangat bermanfaat untuk menunjukkan kapan pasar mulai jenuh jual atau jenuh beli. Sebelum kita membahas mengenai momentum lebih jauh, sebaiknya perlu ada jawaban mengenai bagaimana cara open posisi yang tepat dalam memanfaatkan momentum harga saat ini?

Ambil grafik EURGBP menggunakan time frame 5 menit. Apakah Anda akan mencoba open buy atau sell di Time Frame tersebut? Sulit dikatakan bahwa harga akan bergerak kemana. Yang bisa Anda lakukan adalah mengidentifikasi terlebih dahulu kemungkin harga bergerak. Untuk itu lihatlah grafik 1 di bawah ini :


Scalping Menggunakan Momentum Trend [Belajar Trading Online Indonesia]
Grafik 1

Identifikasi Trend

Sebelum Anda mulai terjun dalam perdagangan, sebaiknya Anda harus menganalisis secara teknikal. Dalam hal ini, team akan mencoba membuat blok-blok imajiner yang dapat membantu Anda dalam memahami pergerakan pasar.

Grafik EURGBP dapat ditempatkan sebagai contoh dengan time frame 30 menit. Data dapat diambil dari hari Senin lusa sampai dengan hari Rabu kemarin. Harga mulai di segmentasi dengan beberapa kotak imajiner untuk memudahkan dalam memahami apa yang telah team gambarkan di grafik 2  bawah ini.



Scalping Menggunakan Momentum Trend [Belajar Trading Online Indonesia]
Grafik 2

Tujuannya adalah mencoba menganalisa dan memastikan harga akan membentuk sebuah trend yang bakalan terjadi selanjutnya. Jika warna merah pada kotak imajiner tersebut semakin menurun maka kecenderungan trend tetap menurun di hari berikutnya. Begitu juga sebaliknya, jika kotak merah yang angka 1 lebih rendah sedang yang blog 2 lebih tinggi, maka trend dapat dikatakan tetap bullish.

Penjelasan

Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa kotak merah pada grafik EURGBP dimulai dari tanggal 4 Juli kemarin. Pada hari Senin tanggal 4 Juli tersebut EURGBP telah mencapai harga 0,8055. Dan sekarang telah menurun sebanyak 134 point ke 0,7921. Dari analisa warna merah yang dibuat secara imajiner menunjukkan harga masih cenderung turun lebih rendah tanpa ada reversal atau kenaikan dalam waktu dekat.

Kecenderungan trend tetap terilihat di kedua kotak merah. Seperti yang bisa Anda lihat dari kotak yang kedua telah menunjukkan downtrend lanjutan. Dari hari Senin 9 Juli hingga Rabu 11 Juli harga telah tercetak lebih rendah dari perkiran sampai ke harga 0,789 tanpa ada suatu kenaikan. Kini Anda mulai mengetahui jika harga masih kuat untuk turun. Sekarang Anda dapat melakukan scalping sell sesuai gaya scalping  yang sudah digunakan selama ini. Dengan analisa seperti itu, Anda sudah bisa open sell EURGBP dengan strategi pilihan Anda sendiri.

0 comments: