Pages

4 Jul 2013

Tips Mudah Melepas Stress

Tips Mudah Melepas Stress [BELAJAR TRADING ONLINE INDONESIA]
Tips Mudah Melepas Stress

Disaat anda bangun dipagi dan meminum segelas kopi sambil online dan membuka sebuah situs halaman untuk mendapatkan suatu berita yang segar mengenai kondisi market dihari ini. Setengah jam telah berlalu, kemudian anda membuat sebuah formula tentang analisa teknikal dan fundamental agar dapat memprediksi kemana arah market akan bergerak dan segera membuat suatu pending order. Bahkan telepon genggam anda mempunyai software Metatrader yang sengaja anda install agar selalu berada di kondisi yang up-to-date dengan market.

Sebagai seorang trader ataupun seorang investor terkadang membuat kita terlalu mendewakan uang, sehingga selalu memberikan tekanan stress yang tinggi terhadap diri kita. Memang benar, uang dapat membeli sebuah kesenangan, yang mana anda dapatkan melalui keuntunga yang diraih untuk berlibur ke luar negeri, hingga memanjakan diri anda di spa ataupun pergi ke tempat hiburan yang mahal sekalipun. Namun tahukah anda bahwa terdapat cara yang “mudah” untuk membeli suatu kebahagiaan.

Berikut ini saya akan memberikan beberapa cara yang mudah dan pastinya bisa membuat anda bahagia tanpa harus mengeluarkan uang banyak, dan yang pastinya mampu meredakan stress anda.

1. Olah Raga Dipagi Hari.
Olahraga yang teratur tidak hanya dapat membakar kalori, akan tetapi juga dapat meningkatkan kadar seratonin dalam otak yang mampu meningkatkan suasana hati. Berjalan dibawah sinar matahari secara langsung ataupun tidak langsung juga dapat meningkatkan tingkat melatonin serta mampu menurunkan seratonin, dimana suatu hormon yang dapat menyebabkan depresi dan gangguan tidur. Paparan sinar matahari juga membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D.

2. Fokus Terhadap Pekerjaan.
Mungkin orang tua kita pernah mengajarkan kepada kita, bahwa jika kita melakukan suatu pekerjaan, lakukanlah sebaik mungkin. Meskipun kita tidak bekerja pada posisi atau tempat yang kita impikan untuk menjadi bahagia. Akan terdapat kepuasan tersendiri yang akan timbul jika kita melakukan pekerjaan dengan sebaik-baiknya, belum lagi bila rekan kita ikut memuji hasil kerja kita yang diatas rata-rata.

Alih-alih menghitung sisa hari hingga datangnya akhir pekan, kita bisa mencari cara yang efektif dalam meningkatkan pekerjaan. Siapa tahu kita akan mendapatkan kenaikan gaji, atau bahkan promosi kenaikan jabatan dari si Boss.

3. Berbuat Kebaikan secara Berulang.
Saya teringat, dimana ketika masih kecil. Dimana Ibu saya membuatkan suatu masakan, Ibu mengambil sebagian masakan tersebut dan menaruhnya di sebuah mangkok, lalu menyuruh saya untuk mengantarkannya kepada tetangga sebelah rumah. Dimana tetangga sebelah rumah saya tersebut menerimanya dengan raut muka yang senang. Beliau yang telah berusia sekitar 60 tahun, hidup sendirian di daerah tempat tinggal saya. Sesekali anak cucunya mengunjungi beliau ketika akhir pekan tiba.

Beliau juga sering mengantarkan masakannya ke rumah kami sebagai bagian dari keramah-tamahan. Bahkan suatu hari, ketika hari akan turun hujan, Ibu saya lalai untuk mengambil jemuran. Tetangga sebelah rumah saya tidak segan-segan untuk mengambilkan jemuran kami yang berada di samping rumah dan mengantarkannya ke rumah kami.

4. Rehat Sejenak.
Bila emosi sudah tidak bisa dibendung, alihkan perhatian Anda untuk sejenak fokus pada sesuatu hal yang baru. Misalnya saja melihat keluar jendela, menyeruput segelas teh hangat, ataupun memperhatikan pohon yang tertiup angin. Biarkan imajinasi Anda bebas untuk sesaat.

5. Membuat Litle Party.
Hampir mirip dengan poin ke 3, Anda bisa mengadakan pesta kecil dan mengundang beberapa tetangga terdekat. Tidak perlu yang mewah, Anda bisa mengatur pesta tersebut agar semua yang datang turut membawa masakan masing-masing. Hasilnya tentu akan lebih menyenangkan dan tidak terlalu membuat Anda cepat letih.

Atau ketika Anda berulang tahun, Dimana anda menyiapkan suatu anggaran untuk merayakannya bersama teman serta sahabat terdekat.

6. Bottom Line.
Kebahagiaan dapat kita raih dengan tidak harus mahal. Terlepas dari situasi anda, Dimana anda dapat meningkatkan mood anda dan orang yang berada di sekitar anda. Luangkanlah waktu bersama keluarga, rekan, sahabat ataupun tetangga terdekat. Hal ini dapat mengurangi rasa terisolasi dan kesendirian anda. Dan yang pastinya akan mengurangi resiko stress sehari-hari dalam mengarungi dinamika market.

Demikian artikel kali ini, semoga dengan cara yang telah disampaikan diatas dapat membantu menurunkan tingkat stress anda didalam dunia trading.

Selama mencoba.

0 comments: