Pages

3 Jul 2013

Ciri Ciri Indikator yang Bagus

Ciri Indikator yang Bagus [BELAJAR TRADING ONLINE INDONESIA]
Ciri Indikator yang Bagus

Kalau melihat teman-teman trader yang sering mencari dan ingin mencoba berbagai indikator mengingatkan saat latihan trading tempo dulu. Ingin menemukan dan menggunakan indikator yang satu dengan indikator lainnya. Ternyata apa yang telah dicoba tidak sesuai atau tidak cocok dengan apa yang diharapkan. Selalu saja ada kendalanya, baik masalah terdapat kelemahannya, signal yang diberikan, atau susah dikendalikan pada salah satu indikator yang ditemui.

Melihat hal seperti ini awalnya memang sedikit jemu karena akan setiap mencari indikator selalu saja dihadapkan dengan masalah yang sama yaitu terdapat kelemahan pada indikator itu sendiri. He he.. mungkin teman-teman pernah mengalami frustasi ketika menguji coba salah satu indikator kesayangan, tapi ternyata setelah digunakan beberapa kali menghasilkan kesalahan yang fatal. Padahal awalnya sudah dirasa paling cocok menggunakan indi tersebut.

Akhirnya mereka yang telah menemukan kelemahan dari indi pilihannya mencoba mencari lagi indikator yang lebih mudah membantu dalam mendapatkan profit. Walaupun terkadang apa yang mereka cari tidak bisa ditemukan. Mungkin saja Anda sampai saat ini masih mencari-cari indikator yang cocok atau setidaknya dapat membuat nyaman terhadap signal yang diberikannya. Berikut ada beberapa gambaran yang dapat membantu Anda dalam memilih indikator :

1. Mudah Dipahami
Indikator yang baik merupakan indikator yang bisa diketahui rumusnya. bisa diketahui alurnya terhadap gejala market yang sedang terjadi. Ketika harga naik atau turun maka indikator dapat merumuskan dengan bahasa matematika untuk menjadikan gambaran signal yang sedang terjadi. Pada saat harga telah mencapai kenaikan atau penurunan tertentu dan mengalami jenuh trend, indikator dapat mengkalkulasi seberapa dekat daerah jenuh dengan momentum harga saat ini.

Ketika perumusan sudah dapat diketahui, dan perhitungan aritmatika sudah sesuai logika, maka alur yang ada pada indikator dapat tergambar secara jelas. Anda dapat memahami jalan pikiran indikator sesuai pergerakan market. Namun jika Anda merasa tidak tahu dengan indikator tertentu, mungkin Anda akan merasa cocok saat ini karena kebetulan signal yang diberikan sangat baik dan terlihat akurat, tetapi saat Anda gunakan dalam sehari-hari, indikator akan memperlihatkan kelemahannya. Jadi pahamilah alur cerita dan perumusannya pada indikator yang Anda harapkan itu.

2. Tidak Rumit
Terkadang banyak sekali indikator yang memang mudah dipahami, mudah diketahui alur program yang ada pada perhitungan matematikanya, tapi sulit digunakan. Ingat, penguasaan indikator tidak ditentukan dari berapa rumitnya indikator namun dari sederhananya dalam membantu menemukan signal.

Apa yang Anda harapkan ketika terdapat indikator yang rumit? Tentu Anda pertama kali akan berusaha keras untuk membaca, memahami, dan menterjemahkan bagiamana kelemahan dan kelebihan dari indi tersebut. Tapi ketika indikator terlalu rumit untuk menterjemahkan terjadinya signal yang akan digunakan dalam trading, maka Anda akan kesulitan dalam melakukan transaksi.

Kesimpulan

Untuk menemukan indikator yang baik Anda bisa melihat dari dua sisi. Yang pertama dari kemudahan dalam memahami isi perjalanan signal yang bisa didapatkan dari indikator. Yang kedua dari seberapa rumit atau tidaknya indikator untuk dapat dipahami. Ketika Anda memiliki indikator yang sederhana, mudah dipahami, dan tidak rumit untuk digunakan, maka Anda sudah bisa menemukan indikator yang cocok serta nyaman dalam analisa. Pada saat Anda sudah nyaman dengan indikator tersebut, kelemahan indi akan bisa diubah menjadi kelebihan. Kalau Anda sudah bisa mengenali kelemahannya dan diubah menjadi suatu kelebihan, maka trading Anda akan terasa menggairahkan.

0 comments: