Pages

18 Jun 2013

Cara Menguji Sistem Trading

Cara Menguji Sistem Trading [Belajar Trading Online Indonesia]

Teman trader pasti sudah banyak yang tahu pentingnya memiliki sistem trading. Pernah mengalami kerugian karena sistem yang digunakan mengalami kesalahan, atau frustasi ketika market tidak sejalan dengan sistem yang sedang digunakan. Nah, Anda disini akan diajak untuk menguji seberapa kebal sih sistem yang Anda gunakan dalam melakukan transaksi dimarket, dan seberapa kuat menghadapi gelombang market saat ini dan masa depan.

Sebelum mengupas mengenai pengujiannya, yang perlu diperhatikan adalah membuat sistem itu sendiri. Merancang sistem dan menghasilkan sistem yang handal perlu dilakukan pemilihan sistem. Pemilihan tersebut sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya dengan beberapa karakteristik yang harus dipertimbangkan.

Ketika sistem trading sudah didapatkan, maka tugas Anda harus mengujinya sampai seberapa hebatkah sistem tersebut cocok digunakan oleh Anda dimasa depan. Jadi fungsi dari pengadaan pengujian sendiri adalah mengetahui potensi sistem dapat dimanfaatkan untuk trading lebih bagus dan memberi hasil yang menguntungkan. Untuk mengetahui pengujian tersebut, Anda harus melakukan langkah-langkah di bawah ini :

Tentukan Target

Sistem Trading yang sudah didapatkan perlu di uji coba dalam pemenuhan target profit. Target ini sendiri digunakan untuk mengetahui seberapa besar hasil yang akan diperoleh dari sistem trading  yang kita coba. Pada kenyataannya tidak semua sistem bisa hasilkan keuntungan yang sama, bahkan sebagian akan mengalami penurunan performance setelah digunakan beberapa bulan.

Hal ini perlu dilakukan penelitian dengan cara melakukan transaksi setiap hari disaat market sedang mengalami pergerakan sesuai signal sistem trading yang berlaku saat itu. Tentukan target keuntungan yang sudah Anda rencanakan. Misalnya direncanakan dalam bentuk pips atau poin, kalau belum mencapai 100 point perminggu maka target dari sistem perlu diperbaharui atau ditambah rule lainnya.

Pencapaian ini dikhususkan untuk melatih psikologis Anda beserta mental dalam mempengaruhi perjalanan transaksi dimarket. Sehingga ketika terjadi gelombang harga yang fluktuatif, mental Anda tidak khawatir dan takut akan kerugian yang dialami. Pada saat Anda sudah bisa mencapai 100 point per bulan selama 1 tahun penuh, maka Anda sudah tidak perlu menentukan target 100 point per minggu lagi.

Aplikasikan ke Beberapa Akun

Dalam pengujian sistem trading, Anda tidak boleh diam dan mengikuti apa adanya sesuai rule sistem yang berlaku. Jadikan beberapa akun untuk membantu pengujian Anda. Minimal harus ada 2 akun sebagai bentuk uji coba. Fungsi dari akun tersebut adalah akun pertama untuk menguji sistem trading beserta tambahan rule-rule lain. Jadi kerugian atau keuntungan dapat meningkat dua kali lipat. Sedangkan pada akun kedua adalah membuat hasil bersih dari sistem ke satu.

Intinya akun kedua menerapkan sistem trading yang sudah diperbaiki dari sistem pertama. Kalau sistem pertama adalah dari uji coba sistem secara mentah, maka akun kedua adalah hasil matang yang sudah didapatkan dari pengujian di akun pertama. Hal ini akan sangat bermanfaat pada transaksi Anda dimasa depan.

Diharapkan dalam hasil uji coba masih mengindahkan adanya money management dan risikonya. Jadi over transaksi dan penggunaan lot yang sangat besar tidak perlu dilakukan. Cukup perbaharui sistem trading dengan melihat kekurangan-kekurangan yang masih terlihat untuk dibenahi dalam rule sistem Anda.

Kesimpulan

Pengujian sistem trading perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa bagus atau seberapa kebal sistem terhadap fluktuatif harga. Dengan membuat 2 akun sebagai pengujian, diharapkan akun sistem Anda akan cepat berkembang dan menghasilkan imbal profit yang memuaskan. Jika Anda sudah mendapatkan hasil secara konsisten, maka tidak dipungkiri lagi kalau Anda sudah benar-benar memiliki penghasilan dari forex trading.

0 comments: